Wow... Ilmuwan Ciptakan Pisau 'pintar' Pendeteksi Tumor

Para ilmuwan berusaha mengembangkan pisau bedah 'pintar' yang mampu mendeteksi tumor untuk meningkatkan keefektifan operasi kanker.

Tim ilmuwan dari Imperial College London pun berharap adanya pisau tersebut mampu mempersempit kesempatan tumor yang tersisa dalam tubuh pasien agar tidak berkembang dan memunculkan kanker baru.

Pisau bedah yang diberi nama iKnife tersebut sudah diuji klinis dan terbukti berhasil mendeteksi jaringan yang memicu tumor. Meskipun demikian, satu dari lima pasien kanker payudara yang terlibat dalam uji klinis masih butuh operasi kedua untuk benar-benar membersihkan tumor dari dalam tubuhnya.

Sebagaimana dilansir dari BBC, beberapa rumah sakit di seluruh dunia sudah mulai menggunakan iKnife. Cara kerja dari iKnife sendiri adalah kemampuannya dalam membedakan asap yang keluar dari jaringan ketika dibedah.

Asap tersebut diserap oleh 'hidung' iKnife yang bernama mass spectrometer. Gunanya adalah membedakan antara asap dari jaringan kanker dan jaringan sehat.

Dengan cara seperti itu, dokter bedah pun bisa mengetahui secara pasti jaringan mana yang harus diangkat ketika melakukan operasi. Sehingga seluruh jaringan pemicu tumor bisa diangkat dan memaksimalkan kesembuhan pasien.

Salah satu uji klinis kini dilakukan di tiga rumah sakit di London. Para ilmuwan optimis bahwa penemuan mereka bisa meningkatkan kesempatan hidup lebih lama bagi para pasien penderita kanker.
Sumber: Merdeka.com

0 comments:

Post a Comment