Iklan Ford Figo Yang Menjadi Kontroversi di India

NEW DELHI - Produsen otomotif Ford meminta maaf atas iklan produksi terbarunya, Ford Figo, yang ditayangkan di India. Salah satu iklan mobil yang diproduksi di India itu menampilkan kartun bekas PM Italia Silvio Berlusconi menunjukkan tanda kemenangan dengan tiga orang perempuan yang terikat di bagasi mobil itu.

Iklan lain menampilkan Paris Hilton dan kakak beradik Kardashian, juga dengan nasib yang sama, terikat dengan mulut disumpal di bagasi Ford Figo. Kedua iklan kontroversial ini kemudian memiliki tagline: "Anda tak perlu cemas dengan bagasi ekstra besar Figo."

Iklan-iklan ini dibuat di India, negara yang belakangan ini kerap diguncang kasus serangan seksual, termasuk pemerkosaan beramai-ramai yang menewaskan seorang mahasiswi India di New Delhi akhir tahun lalu.

Iklan-iklan itu muncul dalam situs Ads of the World, tetapi kemudian ditarik sebelum muncul di situs-situs lainnya.

"Kami sangat menyesal atas insiden ini dan kami bersama agen iklan kami sepakat bahwa hal ini tak seharusnya terjadi," demikian pernyataan resmi Ford.

"Gambar-gambar yang terpampang dalam iklan itu jauh dari standar profesionalisme dan kepatutan yang kami anut. Kami akan memperketat pengawasan agar insiden seperti ini tidak terulang," lanjut Ford.

Perusahaan periklanan WPP menyatakan penyesalannya terhadap iklan tersebut, yang seharusnya tak pernah diproduksi.

"Kami sangat menyesal telah memublikasikan poster yang seleranya jauh di bawah standar profesional dan kepatutan yang kami anut," demikian pernyataan WPP kepada Huffington Post.

"Iklan ini adalah karya individu yang bekerja tanpa pengawasan semestinya. Kami sudah mengambil tindakan internal untuk mengatasi masalah ini," lanjut WPP.
Sumber: KOMPAS.com

0 comments:

Post a Comment